Circle Gallery

Jumat, 22 September 2023

Kodim 0613/Ciamis Laksanakan TMMD ke-118 di Desa Kadupandak - Tambaksari

CIAMIS, KABARJABAR.CO.ID - TNI Angkatan Darat jajaran Kodim 0613/Ciamis kembali melaksanakan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Kabupaten Ciamis. Ini merupakan program rutin TNI Angkatan Darat, ini merupakan yang ke-118. Program TMMD ke-118 dilaksanakan di Desa Kadupandak Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu  (20/9/2023). 

Program ini secara resmi dibuka Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, dihadiri langsung Komandan Korem 062/Tarumanagara Kolonel Inf Asep Sukarna SSos SIP MM serta para Komandan Kodim di wilayah Korem 062/Tarumanagara. Sementara Komandan Satgas TMMD sendiri diemban oleh Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi SIP MIPol. 

Selain itu turut hadir Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro SH SIK MIPol, unsur Forkopimda dan Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis. Pelaksanaan pembukaan program TMMD ke-118 diawali paparan dari Komandan Satgas dan dilanjutkan dengan upacara pembukaan di Lapangan Desa Kadupandak. 

Kemudian dilaksanakan pelepasan benih ikan di Cekdam Karangsari serta peletakan batu pertama pembangunan jalan rabat beton di Dusun Karangsari. Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi menyampaikan, program TMMD ini dilaksanakan selama 30 hari kalender di wilayah Desa Kadupandak. 

"Sasaran kegiatan ini ada dua, yaitu fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik, kami melaksanakan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 353 meter, kemudian pengaspalan jalan sepanjang 750 meter, pekerjaan saluran irigasi, sumur bor dan pembuatan MCK. Selain itu juga sasaran fisik tambahan ada pembangunan tembok penahan tanah, plat betom dan rutilahu sebanyak 5 unit. Semuanya dilaksanakan di Desa Kadupandak Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis," kata Letkol Wahyu Alfiyan Arisandi. 

Lanjut Dandim, pelaksanaan TMMD ke-118 melibatlan 150 prajurit TNI AD dan masyarakat Desa Kadupandak. Turut berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, Polri serta elemen masyarakat. 

"Program TMMD ke-118 ini sebagai upaya TNI membantu Pemerintah Daerah dalam percepatan dan pemerataan pembangunan. Sehingga dapat meningkatkan kemanunggalan TNI bersama rakyat serta terciptanya kesejahteraan untuk masyarakat khususnya di Desa Kadupandak Kecamatan Tambaksari," ucap Dansatgas TMMD ke-118 Tahun 2023. 

Sementara itu, Komandan Korem 062/TN Kolonel Inf Asep Sukarna mengatakan, TMMD ke-118  dilaksanakan oleh Kodim-Kodim di Angkatan Darat. Semua sudah dilaksanakan di berbagai wilayah secara bergantian. "Saat ini TMMD ke-118 di Desa Kadupandak Ciamis. Kita melaksanakan kegiatan TMMD ini secara fisik maupun non fisik. Fisik pembangunan jalan rabat beton dan penyuluhan sifatnya non fisik. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di desa-Desa," ujar Kolonel Inf Asep Sukarna seusai meletakkan material pembangunan jalan rabat beton di Dusun Karangsari Desa Kadupandak. 

"Seperti jalan sudah jelas menghubungkan tempat lain dan bisa mempercepat pertumbuhan perekonomian sehingga mudah mudahan masyarakat bisa lebih sejahtera," imbuh Asep Sukarna. 

Masih kata Asep Sukarna, TNI AD harus menjadi solusi bisa menjadi solusi di wilayah. Permasalahan yang ada di wilayah mudah-mudahan bisa diselesaikan secara bersama sama, bersinergi dan berkolaborasi dari Pemda kepolisiam dan stakeholder di wilayah. 

"Mudah-mudahan kita bisa terus kompak solid sshingga tujuan kita dalam rangka untuk mensejahterakan bisa tercapai sesuai dengan harapan. Bergotong royong dalam mencapai suatu tujuan. Saya juga berpesan agar ini semua warga dapat memiliki dan menjaga serta merawatnya. Setelah dibangun harus dijaga dan dirawat," katanya. (Pendim 0613/Ciamis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

Jadwal Penerbangan Bandara Husein Sastranegara Bandung

Info Cuaca Jawa Barat