Circle Gallery

Minggu, 30 Juli 2023

Jauh di Jarak Dekat Dirasa : Kasih Sayang Pangdam III Siliwangi Tanpa Batas

Berikan Bantuan Sosial untuk Masyarakat di Kabupaten Puncak Papua

PUNCAK PAPUA, KABARINDONESIA.CO.ID - Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi menyalurkan bantuan sosial dari Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo SIP kepada masyarakat di Kampung Erogobog Kabupaten Puncak Papua. Hal tersebut disampaikan Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi, Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga SIP dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (30/7/2023). 

Satu kali dalam satu Minggu, Pangdam III Siliwangi rutin memberikan arahan kepada Satuan-satuan Kodam III Siliwangi yang sedang bertugas di daerah operasi. Hal ini bertujuan memberikan moril semangat prajurit, menanyakan kondisi wilayah, kondisi masyarakat dan kendala-kendala di daerah operasi serta hal apa yang perlu dibantu Pangdam III Siliwangi demi kelancaran tugas di daerah operasi. 

Kampung Erogobog, Distrik Ilaga yang terletak di Kabupaten Puncak, menjadi salah satu wilayah yang terbatas dalam pasokan pangan. Pasalnya akses medan sulit, cuaca yang setiap hari hujan dan dan jarak yang jauh dari Pasar Ilaga dan secara keseluruhan bahan bahan keperluan sehari-hari harus didatangkan dari luar daerah terutama dari Timika dengan menggunakan pesawat terbang. 

Keterbatasan pesawat, pengaruh cuaca dan biaya yang mahal untuk mendatangkan bahan keperluan sehari-hari dari luar Ilaga, membuat kondisi masyarakat semakin berat dalam menjalani hidup. Kondisi ini yang dilaporkan Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi kepada Pangdam III Siliwangi, sehingga Pangdam memberikan bansos kepada warga Erogobog. 

Dansatgas Mobile Raider 300 Siliwangi didampingi Pasi Intel, Pakum, Pater, dokter dan Dapos Eromaga memimpin langsung penyaluran bantuan sosial kepada warga Erogobog berupa beras, kopi, gula, indomie, nasi bungkus, permen, pakaian, Alkitab, gitar, pelayanan kesehatan dan lain-lain. 

Hal ini dilaksanakan untuk membatu meringankan beban warga Erogobog. Walaupun Pangdam III Siliwangi jauh di Bandung Jawa Barat, namun hatinya tidak bisa dibohongi selau merasa sangat dekat dengan Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi dan masyarakat di Kabupaten Puncak, Papua. 

Rasa Sayang ini  yang mendorong hati untuk memberikan bantuan sosial kepada masyarakat Papua. Kasih sayang Pangdam tanpa batas, tak kenal cuaca, medan dan waktu. Kepala Suku Dani Kampung Erogobog, Marikita menyatakan, bahwa anak-anak (Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi) baik-baik. 

"Mereka bantu kita banyak. Saya berterima kasih banyak kepada Bapak Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, sudah beri bantuan, ini juga hari Minggu, kasih Tuhan sampai di kita, walaupun jauh dari Bandung. Terima kasih juga untuk Komandan Besar (Dansatgas 300), jalan kaki, jauh-jauh dari Ilaga untuk beri bantuan, Tuhan memberkati," kata Marikita.

Tidak hanya memberikan bantuan sosial, kegiatan Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi juga memperhatikan aspek sosial dan kebahagiaan masyarakat. Di akhir kegiatan penyaluran bantuan, masyarakat diajak untuk menyanyi bersama, untuk meningkatkan derajat kebahagiaan dan kebersamaan, ini pula sejalan dengan perintah harian Kasad Jenderal TNI Dr H Dudung Abdurachman SE MM, yang ke-5 yaitu TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi. 

Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi berkomitmen terus berperan aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Puncak, Papua . Kehadiran mereka di wilayah ini bukan hanya sebagai aparat keamanan, tetapi juga sebagai sahabat dan mitra yang setia bagi kebahagiaan dan kemajuan masyarakat Papua. (*/yonif raider 300/bjw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

Jadwal Penerbangan Bandara Husein Sastranegara Bandung

Info Cuaca Jawa Barat